Memangkur Gigi Musang Pandan Sendiri Dengan Mudah

Cara Memangkur Gigi Musang Pandan Sendiri.




Musang adalah seekor binatang yang masuk dalam binatang mamalia, musang aktif mencari makan di malam hari atau nokturnal. musang pandan adalah binatang liar yang buas, tidak semua orang bisa menjinakkan musang pandan. Musang pandan tidak segan untuk menggigit siapapun, tetapi itulah yang membuat musang pandan menjadi binatang peliharaan yang cukup unik.

Walaupun musang pandan adalah binatang liar dan galak, tetapi banyak orang atau pecinta binatang yang berminat untuk memelihara musang pandan. Musang Pandan adalah binatang peliharaan yang unik. Citra musang pandan yang dulunya di anggap sebagai binatang pengganggu atau hama, kini berubah. Derajat musang pandan sebagai binatang peliharaan, kini setara dengan kucing dan anjing.

Memelihara musang berarti siap untuk digigit, karena itu adalah resiko memelihara musang pandan. Sejinak apapun musang pandan di waktu tertentu tetap akan mengigit dengan serius juga. Maka dari itu tidak sedikit juga orang yang memilih untuk pangur gigi musang pandan peliharaannya sendiri.
Pada artikel ini saya akan mengajarkan cara memotong gigi musang pandan sendiri.


Alat dan bahan untuk memangkur gigi musang sendiri.


*pemotong kuku.
*Sarung Tangan.
*Kain / Alat bantu khusus.
*Penyumpal mulut musang.
*Obat parasetamol.

Cara Memangkur Gigi Musang Pandan Sendiri.
1. Siapkan mental anda.
2. Keluarkan musang dari kandang dengan baik-baik.
3. Gunakan sarung tangan.
4. Lilitkan kain ketubuh musang, tujuannya untuk memperminim gerakan musang agar tidak berontak. Jika ada, gunakan alat bantu khusus untuk itu.
5. Miringkan tubuh dan kepala musang secara sejajar  agar mudah untuk memotong gigi musang, kemudian sumpal mulut musang untuk menahan mulutnya tetap terbuka dan mempermudah proses pangkur.
6. Gigi musang di pangur atau Potong sedikit saja ujung gigi taring musang yang tajam menggunakan pemotong kuku, lakukan cara ini dengan cepat dan hati-hati. Usaha lakukan cara ini oleh 2 orang..
7. Setelah gigi musang terpotong, segera masukkan musang kedalam kandang.
8. Untuk menghilangkan rasa nyeri bekas pangkur, Kemudian Potong obat parasetamol menjadi 3 bagian. Berikan 1 bagian per hari selama 3 hari dengan cara dihaluskan kemudian dicampur dengan air gula atau madu, Jangan dicampur dengan susu!
9. Tetap berikan makan musang seperti biasa, hanya saja ditambahkan dengan bubur bayi di tempat tersendiri, untuk memancing nafsu makan musang agar mau makan.
10. Diamkan musang selama 1 minggu, setelah 1 minggu musang langsung bisa dimandikan dan diajak main seperti biasa.

*Tambahan
Memangkur gigi musang bisa di artikan sebuah proses memotong gigi taring musang. Dalam memangkur gigi musang sebaiknya harus dilakukan dengan teliti. Apalagi jika melakukan proses pemangkuran gigi musang sendiri/ manual tanpa bantuan dari orang yang kompeten. Memangkur gigi musang sendiri boleh di lakukan asalkan tau batasannya, usahakan jangan sampai memotong gigi/ taring terlalu dalam, dan jangan sampai melukai gusi dari musang tersebut. Jika gigi musang di potong dengan benar maka musang akan cepat sembuh kembali seperti semula antara 2-3 hari. Potonglah gigi musang pada bagian yang tajamnya saja alias bagian ujungnya saja, yang penting ujung gigi musang di buat tumpul saja agar aman.


Cara memotong kuku musang.
Memiliki binatang peliharaan menjadi hobi tersendiri bagi sebagian orang. Contohnya adalah memelihara musang, yah,, memang akhir-akhir ini musang mulai populer sebagai binatang peliharaan. Musang memiliki karakter yang buas dan galak, tetapi musang bisa dijinakkan dan bisa menjadi nurut sekali, hal itu sangat menakjubkan dimata orang lain. Walaupun musang sudah menjadi jinak, tetap harus berhati-hati dengan gigi dan kuku musang yang sangat tajam. Makanya tidak sedikit juga orang yang memilih untuk memangkur gigi musang peliharaannya. Anda juga biasa memangkur gigi musang anda sendiri.
Cara memangkur gigi taring musang sendiri bisa anda baca pada artikel sebelumnya.

Cara Memotong Kuku Musang Pandan.
Memiliki binatang binatang peliharaan seperti musang memang harus membutuhkan perhatian khusus terutama pada kuku musang. Kuku musang memiliki bentuk yang melengkung dan runcing dibagian ujungnya. Kuku musang yang belum dipotong ketika digondong atau di ajak main akan melukai anda, luka sampai berdarah seperti disilet, walaupun cuma sedikit luka bekas kuku musang, tetapi rasa sakitnya cukup lumayan.

Cara Memotong Kuku Musang.

1. Gunakan perlengkapan keamanan sebelum memotong kuku musang, seperti sarung tangan dan jaket atau minimal baju berlengan panjang. Fungsi perlengkapan keamanan sebelum memotong kuku musang adalah bertujuan untuk menghindari gigitan musang dan cakaran musang. Musang yang belum terlalu jinak atau baru pertama kali dipotong kukunya, akan memberikan respon spontan seperti berontak bahkan menggigit ketika dipotong kukunya, untuk itu diperlukan pengetahuan yang benar dalam memotong kuku musang.
2. Alat potong kuku musang. Sebenarnya untuk memotong kuku musang tidak diperlukan alat pemotong khusus, memotong kuku musang bisa menggunakan pemotong kuku biasa yang kita miliki, dengan syarat pemotong kuku masih tajam dan nggak tumpul.
3. Cara memotong kuku musang, yang harus diperhatikan dalam memotong kuku musang adalah cara memegangnya yang benar. Gunakan tangan kanan untuk memegang leher musang dan gunakan tangan kiri untuk memegang pangkal ekor, kemudian angkat musang dan sandarkan di dada anda. Memotong Kuku musang tidak bisa dilakukan sendiri artinya mintalah bantuan orang lain untuk memegangi atau untuk memotongi kuku musang.
4. Dalam memotong kuku musang harus memperhatikan batasannya, karena jika memotong kuku musang terlalu dalam akan membuat kuku musang berdarah dan membuat musang kesakitan. Potonglah kuku musang yang meruncing saja, lebih tepatnya sekitar 2 mm saja.
5. Potong kembali kuku musang setelah kembali tumbuh, minimal 3 minggu sekali.

*Tambahan
Memotong kuku musang akan sangat kerepotan jika di lakukan sendiri atau tanpa bantuan orang lain. Karena musang memiliki pergerakan yang aktif jadi akan sangat sulit untuk memotong kuku musang" salah-salah akan menyebabkan kuku musang berdarah akibat terlalu dalam pada saat memotongi kuku musangnya.

Memotongi kuku musang memang tidak akan menyakiti musang, tetapi jika cara memotonginya salah sampai kuku musang berdarah" itu akan membuat musang kesakitan. Penyebab dari kuku musang yang berdarah pada saat di potong kukunya adalah karena kita memotong kuku musang terlalu dalam.

Tetapi jika kita hanya memotongnya (kuku musang) sedikit saja (1-2mm) maka kuku musang tidak akan sampai berdarah dan menyakiti musang tersebut. Makanya harus utamakan kehati2an dalam memotongi kuku musang, dan jangan ragu untuk meminta orang lain untuk membantu memegangi musang anda agar tidak terlalu banyak bergerak.

Comments