Ciri-Ciri Musang Jinak Total


Ciri-Ciri Musang Jinak Total.

Bagi yang memelihara musang pasti sering bertanya tanya tentang hal ini? Memangsih musang yang sudah kelihatan nurut dan tidak mengigit serius lagi, sudah bisa dikatakan jinak. Tetapi anda harus mengetahui musang anda benar benar jinak atau hanya berpura-pura jinak. Karena jelas akibatnya, musang yang jinak total tidak akan menggigit dengan serius walaupun dalam keadaan apapun dan tidak akan kabur. Sedangkan musang yang masih berpura-pura jinak akan cenderung berubah sifat ketika dalam keadaan yang ramai dan membuat musang stress dan berusaha untuk melarikan diri. Untuk itu pahamilah perbedaannya musang yang jinak total dan musang semi jinak atau yang berpura-pura jinak.

Ciri Ciri Musang Yang Berpura Pura Jinak.

Anda bisa mengetahuinya dengan cara membaca nafas dan detak jantung musang. Musang yang berpura pura jinak, walaupun nurut dan tenang ketika dipegang atau digendong maka akan terlihat jelas ciri-cirinya seperti: detak jantungnya yang sangat cepat dan tubuhnya yang bergetar. Sehingga saat berada dalam keadaan tertentu atau kaget akan membuat emosi musang meledak dan berusaha melarikan diri dan menggigit.

Ciri-Ciri Musang Jinak Total.
Musang yang jinak total adalah musang yang dipelihara semenjak bayi atau kecil yang tumbuh dengan anda yang selalu ada dan merawatnya, sehingga musang peliharaan anda dengan sendirinya akan menganggap anda seperti induknya sendiri. Jadi jika anda memelihara musang semenjak bayi atau kecil kemudian tumbuh menjadi besar, jinak dan bonding itu adalah hal yang wajar. Ada pun ciri-ciri musang yang jinak total adalah seperti berikut:

*Mau untuk disentuh atau dipegang baik didalam kandang maupun diluar kandang ataupun ketika diajak main diluar kandang dengan nafas dan detak jantung yang stabil.
*Emosinya stabil dan mudah ditenangkan kembali.
*Anteng dan tidak melarikan diri pada saat digendong.
*Musang tidak mengigit serius, walaupun musang sering menggigit gigit tapi itu hanya bercanda tidak sampai melukai dan berdarah.
*Musang bonding, musang yang jinak total tentu akan selalu patuh terhadap majikannya karena musang sudah paham betul aroma keringat anda, wajah anda dan bahkan suara anda pun musang dapat mengenalinya.

*Tambahan
Musang jinak ialah musang yang sudah terbiasa dengan lingkungan hidupnya yang baru, musang jinak juga mempunyai mindset yang sudah terbiasa dengan manusia musang sudah nyaman, sudah mengenal maka musang tersebut pun akan merasa aman dan jadi tidak akan ada niatan untuk musang menyerang lagi alias (jinak).

Yang paling utama harus di lakukan ketika hendak menjinakkan musang kita perlu merubah mindset dari musang tersebut. Jadi yang bisa kita lakukan untuk menjinakkan musang' ya dengan cara menunjukkan ke musang bahwa kita (manusia) tidak ada niatan jahat, dan tidak akan menyakiti musang tersebut. Tunjukkan perhatian anda ke musang dengan cara memberikannya makan tepat waktu, kontak langsung dengan mengelus2nya, dan merawatnya dengan baik.

Mempunyai dua binatang peliharaan musang dan kucing yang berbeda jenis dan karakternya memang lebih susah untuk merawatnya. Apa lagi saat mau diajak main bareng? Salah-salah keduanya bisa berkelahi bareng, ya, bahayanya ada salah satu binatang peliharaan kita yang mati karena berkelahi. Terbayang nggak sih, kalau musang dan kucing bisa akrab bermain bersama? Kan kita tau sendiri bahwa musang dan kucing adalah binatang yang berbeda jenis dan karakternya, tentu saja untuk mengakrabkan mereka berdua bukan pekerjaan yang mudah.


Agar musang dan kucing bisa akrab.
Melihat musang dan kucing peliharaan kita bisa bermain bersama dan bisa bercanda bersama, tentunya sangatlah menyenangkan dan menghibur kita dengan tingkah laku keduanya yang lucu. Tetapi sekali lagi, untuk mengakrabkan keduanya bukanlah hal yang mudah! Apa lagi jika dalam memelihara kedua binatang itu usianya sudah sama besar atau dewasa dan karakternya sudah terbentuk masing-masing. Mengakrabkan kucing dan musang bisa dilakukan dengan cara sedikit demi sedikit, yang akan saya bahas di artikel kali ini..

Cara Mengakrabkan Musang Dengan Kucing.

Sebenarnya cara mengakrabkan musang dan kucing, yang baik itu dilakukan saat keduanya masih bayi atau kecil, musang dan kucing akan tumbuh bersama dan bermain bersama-sama sehingga keduanya akan menjadi akrab satu sama lain dengan sendirinya.. Tetapi tidak ada kata terlambat untuk mengakrabkan keduanya sekarang (dewasa).


Langkah 1.
    Mengenalkan musang dengan kucing. Caranya adalah dengan mendekatkan musang dengan kucing menempatkan keduanya didalam kandang yang berbeda kemudian meletakkannya berdekatan, agar keduanya saling mengenal satu sama lain terlebih dahulu. Lakukan cara ini setiap hari dan minimal selama 2 minggu.

    Langkah 2.
    Setelah 2 minggu pengenalan, sekarang lanjutkan dengan mengeluarkan salah satu dari mereka (misalnya kucing terlebih dahulu) keluarkan dari dalam kandang untuk bebas didalam ruangan didalam rumah (free room). Kemudian coba dekat-dekatkan ke musang yang masih dikandang. Lakukan cara ini bergantian setiap hari minimal selama 2 minggu juga, kemudian perhatikan reaksinya. Baca juga.. Cara mengakrabkan musang dengan kucing.

    Langkah 3.
    Perhatikan reaksi musang dan kucing dari tahap ke tahap.
    Langkah 1: biasanya musang dan kucing yang baru dipertemukan akan bereaksi dengan menunjukkan rasa tidak kenyamanannya untuk menjaga daerah toritorialnya masing-masing, dengan bertingkah gelisah dan mondar-mandir didalam kandang. Tetapi setelah berjalannya waktu, musang dan kucing akan mulai terbiasa dan bersikap tenang.
    Langkah 2: biasanya musang dan kucing akan bereaksi biasa saja dan hanya memandangi dengan penuh penasaran, walaupun masih sering menghindari satu sama lain.

    Langkah 3.


    Setelah melakukan langkah 1 dan 2 diatas seharusnya musang dan kucing sudah terbiasa dan saling mengenal. Artinya ketika dicoba dipertemukan secara langsung diluar kandang akan memperminim resiko terjadinya pertengkaran antara keduanya. Oleh karena itu bisa dilanjutkan dengan langkah ke 3, yaitu pengenalan diluar kandang dengan cara mengeluarkan musang terlebih dahulu, usahakan pakaikan harnes untuk berjaga-jaga. Posisikan musang pada gendongan anda, kemudian keluarkanlah kucing dari dalam kandang. Dan coba dekatkan musang ke kucing secara perlahan-lahan. Perhatikan reaksi keduanya, jika kucing mengeram dan mencoba untuk menyerang musang dengan serius, maka segera jauhkan musang dari kucing tetapi jika kucing hanya mencakar-cakar bercanda itu artinya lampu hijau buat anda. Lakukan cara itu terus setiap hari dan jangan pernah putus asa karena semakin musang dan kucing main bersama maka akan semakin akrab dan bersahabat, dan ketika benar-benar dipertemukan bersama-sama secara langsung maka keduanya akan bercanda bergulat saling mencakar dan menggigit tetapi tidak serius.

    Comments