Cara Menjinakkan Musang Rase


Cara menjinakkan musang rase. 

Musang rase adalah jenis musang karnivora atau pemakan daging. Musang rase biasa berhabitat di area persawahan sama seperti garangan jawa. Selain jenis musang lainnya seperti musang pandan, musang bulan, dll, musang rase juga di minati untuk dipelihara. Para pecinta musang berlomba-lomba untuk mengkoleksi beberapa jenis musang kemudian menjinakkan.

Menjinakkan musang bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi untuk menjinakkan musang rase, butuh kesabaran, keberanian dan pengetahuan tentang karakter dari jenis musang yang akan dijinakkan. Menjinakkan musang rase tidak semudah musang pandan, musang bulan dan teman-temannya. Kalau musang- musang tersebut mempunyai ekor yang kuat untuk dijadikan pegangan yang aman saat menjinakkannya.

Sedangkan pada musang rase tidak memiliki ekor yang kuat untuk dijadikan pegangan saat proses penjinakkannya, jadi menjinakkan musang rase agak cukup sulit dan memakan waktu lama. Dan tidak semua musang rase bisa untuk dijinakkan, hanya musang rase yang masih muda lah yang bisa dijinakkan. Sebenarnya musang rase dewasa pun bisa dijinakkan, akan tetapi sangat beresiko digigit serius.

Langkah - Langkah Penjinakkan Musang Rase.


1. Yang pertama adalah diamkan dulu musang rase liar yang baru di dapat baik itu hasil membeli ataupun menangkap di alam.

2. Mandikan musang rase setiap hari dan menjemurnya secara rutin. Sedikit fakta tentang memandikan musang " semakin sering musang dimandikan akan membuat musang semakin jinak".

3. Proses pengenalan terhadap musang rase. Anda bisa melakukan proses pengenalan terhadap musang rase yang masih galak dengan cara memasukkan tangan anda kedalam kandang, kemudian perhatikan reaksi musang rase terhadap tangan anda. Jika musang rase mencoba menggigit maka anda harus berhati-hati dan jika musang rase tenang dan tidak berusaha menggigit, maka cobalah untuk memegang dan mengelusnya secara perlahan dan hati-hati. Lakukan cara ini setiap hari, setiap saat dan setiap waktu!

4. Menekan sifat galak musang rase. Jika musang rase anda sangat agresif dan berusaha menggigit pada saat mau dipegang, maka anda bisa melakukan langkah ini untuk menekan sifat musang rase yang galak dan merasa paling kuat sendiri. Anda bisa melakukan cara ini dengan cara memukul-mukulkan benda yang bisa mengeluarkan suara yang keras dan berisik, contohnya seperti botol air minuman dan kaleng. Pukul-pukulkan botol atau kaleng ke sisi kandang untuk menimbulkan suara yang keras dan berisik, biarkan saja musang rase bereaksi ketakutan karena nantinya juga terbiasa dan cara ini akan membuat mental musang rase bagus dan tidak mudah kagetan. Lakukan cara ini setiap hari!

5. Bersabar dalam menjinakkan musang rase. Lakukan langkah-langkah seperti diatas, biasanya dalam beberapa minggu saja sudah mulai kelihatan hasilnya musang rase akan lebih jinak dan tenang. Setelah itu anda bisa melakukan proses penjinakkan lebih lanjut diluar kandang.

6. Menjinakkan musang rase diluar kandang. Gunakan sarung tangan terlebih dahulu agar aman, setelah itu keluarkan musang rase dari dalam kandang dengan hati-hati. Gunakan harnes pada musang rase (jika ada) kemudian belai atau elus-elus musang rase, pegang-pegang musang rase agar terbiasa dan sesekali juga harus dibopong atau diangkat menggunakan kedua tangan. Lakukan cara ini setiap hari dan lama kelamaan musang rase akan jinak dengan sendirinya.

7. Anda juga harus sering menatap mata musang rase selama beberapa menit dan memberikan nama panggilan yang mudah diucapkan diingat untuk musang rase anda, jangan lupa juga sesekali ajak musang rase anda berbicara untuk meningkatkan kemistri antara musang rase dan anda (majikannya).


Cara Untuk Memelihara Musang rase tidaklah semudah dalam memelihara musang pandan. Karena makanan musang rase yang dari jenis daging dagingan membuat kotoran musang rase lebih bau dibandingkan dengan musang pandan dan musang lainnya. Selain itu makanan musang rase yang doyannya cuma dari jenis daging seperti daging ayam, membuat sebagian orang merasa terbebani dengan harga daging ayam yang mahal.. tetapi itu semua tidak masalah, karena memelihara musang rase mempunyai kesenangan dan kepuasan tersendiri. Untuk itu saya coba share jenis menu makanan yang cocok untuk musang rase, khususnya untuk newbie atau pemula dalam memelihara musang rase.

Makanan musang rase.


Musang rase adalah jenis musang karnivora atau pemakan daging, makanan yang cocok untuk musang rase peliharaan adalah dari jenis daging-dagingan yang matang, karena makanan tersebut cocok dengan pencernaan musang rase.. berikut ini adalah jenis makanan musang rase yang disarankan.

1. Daging ayam rebus.
Sebaiknya rebus dulu daging ayam yang akan dijadikan makanan musang rase, pemberian pakan yang matang akan membuat insting musang rase tidak seliar pada habitat aslinya.

2. Ikan rebus tanpa duri.
Untuk pemberian pakan ikan rebus kepada musang rase sebaiknya dibuang terlebih dahulu duri-durinya agar tidak membahayakan pencernaan musang rase, karena pada habitat aslinya musang rase jarang memakan ikan.

3. Protein tambahan.
Selain daging, musang rase juga doyan telur rebus dan serangga kecil seperti jangkrik. Jadi sesekali juga boleh diberikan telur rebus dan jangkrik sebagai protein tambahan.

4. Menu makan hemat musang rase.
Harga daging ayam yang mahal membuat sebagian orang membeli bagian kepala ayam dan bagian ekornya saja karena lebih murah dan hemat. Kepala ayam direbus kemudian di cincang dan boleh juga dicampur dengan nasi selama musang rasenya doyan. Pemberian nasi untuk menu makan musang rase boleh-boleh saja asalkan jangan terlalu sering, karena nasi kurang cocok dengan pencernaan musang rase.


Harga musang rase - musang  rase adalah jenis musang yang biasa hidup di tanah, artinya musang rase tidak memanjat kepohon-pohon seperti yang biasa dilakukan oleh musang pandan, musang bulan, musang akar, dll. Karena memang musang rase adalah jenis musang karnivora pemakan daging binatang binatang kecil, contohnya seperti tikus sawah, ayam, ular, burung, yuyu,dll.

Musang rase memiliki ukuran tubuh sedang seperti postur tubuh kucing pada umumnya. Musang rase adalah jenis musang yang juga sering dipelihara, karena keberedaannya cukup mudah dijumpai di sekitar kita. Tetapi harga musang rase tidak semahal harga musang pandan dan teman-temannya.

Harga musang rase memang agak murah dibandingkan dengan jenis musang lainnya, mungkin karena penampilannya yang kurang menarik dan juga makanannya yang susah. Kan tau sendiri musang rase adalah pemakan daging, jadi jika kita memelihara musang rase paling tidak kita harus memberinya makan daging ayam rebus setiap hari.

Untuk harga musang rase sendiri bisa ditentukan dari umurnya, kejinakannya dan kegemukannya. Jenis musang apapun tidak memiliki patokan harga yang tetap, karena memang musang bukanlah benda yang dikeluarkan dari pabrik. Jadi harga musang rase tergantung dari kepandaian anda dalam menawarnya, untuk itu saya akan memberikan referensi harga musang rase agar anda tidak salah dalam membayarnya.

Pasaran Harga Musang Rase.


1. Harga musang rase bayi/baby.
Harga musang rase bayi berkisar 100 - 150 ribu.

2. Harga musang rase umur 2 - 3 bulan.
Harga musang rase umur 2 - 3 bulan berkisar 150 - 200 ribu.

3. Harga musang rase dewasa 4 - 6 bulan jinak.
Harga musang rase dewasa 4 - 6 bulan jinak berkisar 250 - 300 ribu.

4. Harga musang rase dewasa jinak umur diatas 6 bulan.
Harga musang rase dewasa jinak umur diatas 6 bulan berkisar 300 - 400 ribu.

5. Harga musang rase liar.
Untuk harga musang rase liar biasanya memiliki harga yang sangat murah berkisar 100 ribuan saja.

Comments