Cara Menjinakkan Bajing


Cara menjinakkan bajing.

Kalau kita bertempat tinggal di perdesaan yang masih asri, maka kita akan menjumpai banyak pepohonan habitat bajing dan tupai. Tidak jarang juga kita berhasil menangkap ataupun menjebak bajing liar dengan tujuan untuk dijual atau di pelihara.

Untuk bajing yang didapat dari alam liar, biasanya memiliki karakter yang galak dan tidak suka bertemu dengan manusia dan akan cenderung menggigit dan melarikan diri di setiap kali ada kesempatan. Untuk itu saya akan mencoba berbagi cara untuk menjinakkan bajing liar.

Cara Mudah Menjinakkan Bajing Liar.


Yang pertama saya beri saran dulu, jika ingin memelihara bajing sebaiknya peliharaanlah yang masih bayi atau anakan, karena akan lebih mudah untuk dijinakkan. Akan tetapi jika anda ingin tetap menjinakkan bajing liar juga tidak apa-apa, kerena keberhasilan tergantung dari ketelatenan anda sendiri.

1. Gunakan sarung tangan, karena bajing liar tidak segan untuk menggigit anda.

2. Mandikan dulu bajing liar yang baru anda dapat, usahakan mandikan bajing setiap 2 hari sekali sampai bajing menjadi jinak baru diteruskan setiap 1 minggu sekali. Karena semakin bajing sering dimandikan akan membuat bajing semakin jinak.

3. Lakukan proses pengenalan, dengan cara memasukkan tangan anda kedalam kandang setiap hari, sesekali juga anda beri pakan bajing menggunakan tangan. Lakukan cara ini setiap hari..

4. Untuk membiasakan bajing dengan anda, anda bisa memasukkan baju anda yang habis dipakai yang bau keringat ke dalam  kandang. Tujuannya agar bajing terbiasa dengan bau tubuh anda dan agar bajing menjadi jinak. Cara ini juga sering di pakai untuk menjinakkan sugar glider agar bonding. Lakukan cara ini setiap hari.

5. Pastikan anda menggunakan sarung tangan. Masukkan tangan anda kedalam kandang dan cobalah untuk memegang bajing, biarkan reaksi bajing mau menggigit atau mau apapun tetep pegang bajing dengan cara di genggam sampai beberapa menit kemudian lepaskan. Pegang lagi kemudian lepaskan lagi, lakukan terus sampai bajing merasa terbiasa dan akhirnya memilih untuk tidak mengigit lagi.

6. Jika anda telaten dan rutin untuk menjinakkannya, pada akhirnya bajing pun akan menjadi jinak.. asalkan sabar. Setelah jinak anda bisa mulai menjinakkannya di luar kandang. Pada saat menjinakkan bajing diluar kandang pastikan pintu dan jendela dalam keadaan tertutup agar bajing tidak kabur.

7. Terus biasakan bajing anda dengan manusia dan lingkungan sekitar maka lama kelamaan bajing pun akan jinak dengan sendirinya. Saya juga sering menjinakkan binatang seperti musang liar dan selalu berhasil asalkan telaten.


Bajing populer sebagai binatang peliharaan yang unik, kini sudah banyak orang yang tertarik untuk memelihara bajing. Namun untuk bisa mendapat bajing yang jinak untuk di pelihara tidaklah mudah. Kebanyakan orang tidak tau, dan lebih memilih membeli bajing yang sudah berusia atau sudah dewasa. Padahal jika sahabat komo membeli bajing yang sudah dewasa kemungkinan besar sifat liarnya sudah terbentuk alias galak. Jadi paling-paling cuma bisa di lihat dari luar kandang.

Bajing liar yang sudah dewasa, hasil dari pemburuan memiliki karakter yang galak, menggigit dan akan berusaha untuk melarikan diri. Menjinakkan bajing liar tidaklah mudah, dan seandainya bisa dijinakkan tidak akan jinak 100%. Agar bajing jinak sebaiknya dipelihara semenjak bayi. Untuk itu jika memutuskan ingin memelihara bajing, sebaiknya belilah bajing yang masih bayi atau anakan. Anda bisa merawatnya sendiri hingga besar, sehingga bajing akan lebih jinak, bonding dan free room.

Kelebihan memelihara bajing yang masih bayi atau anakan.

>Kelebihan yang pertama sahabat yaitu anda bisa mengenal bajing peliharaannya semenjak bayi sampai dewasa nanti. Sehingga perkembangan mental dan karakter bajing, sahabat andalah yang membentuknya.

>Kelebihan yang kedua yaitu bajing tidak asing dengan manusia dan lingkungan, karena bajing sudah terbiasa hidup bersama-sama dengan manusia. Jadi ketika bajing dilepas free room atau di ajak main diluar rumah, tidak akan melarikan diri alias kabur. Karena bajing sudah mengenali majikannya, otomatis bajing akan selalu lari menghampiri majikannya, karena majikannya adalah tempat yang dianggap aman oleh bajing atau istilahnya adalah (Bajing bonding).

>Yang ketiga adalah bajing akan menjadi lebih jinak, bahkan bajing juga akan lebih mudah untuk bersahabat dengan binatang lainnya, contohnya: burung parkit, musang dan kucing. Kriteria bajing jinak yaitu: tidak mengigit dan mau untuk dipegang, tidak melarikan diri, free room dll.

>Yang terakhir adalah bajing free room. Free room artinya bajing bisa dilepas bebaskan didalam ruangan didalam rumah, karena majikannya sudah percaya dengan bajing dan bajing pun sudah percaya dengan majikannya. Tingkah laku bajing yang di lepas bebaskan didalam rumah mungkin akan sangat menghibur tentunya..
    Kurang lebihnya seperti itu dan lebih lanjutnya bisa bertanya di kolom komentar!


    Teman semua pasti kenal dengan binatang bajing? Ya, bajing adalah sejenis binatang pengerat yang berhabitat hidup diatas pohon, karena memang bajing adalah binatang pemakan buah-buahan. Bajing juga dikenal suka hidup dipohon kelapa dan membuat sarang diantaranya celah-celah pelepah kelapa. Binatang pengerat yang satu ini memiliki karakteristik dan tingkah laku yang lincah, makanya banyak juga orang yang berminat untuk memeliharanya..

    Tingkah laku bajing yang aktif dan lincah cocok sekali untuk mengajarinya trik menebak bola. Penciuman bajing yang tajam mampu mendeteksi makanannya. Dengan dasar itulah teman dirumah bisa memanfaatkan penciuman bajing untuk melatihnya berbagai trik untuk bajing, diantaranya adalah trik bajing bisa menebak bola yang akan saya bagikan kepada anda secara gratis.

    Cara melatih bajing trik menebak bola.


    ●Yang pertama kita akan menguji penciuman bajing terlebih dahulu. Untuk mengetahui seberapa tajamnya penciuman bajing kita akan menggunakan jagung rebus (makanan kesukaan bajing) sebagai media dan kita akan gunakan tiga buah cup atau gelas plastik yang memiliki bentuk, ukuran dan warna yang sama.

    ●Langsung saja letakkan cup atau gelas berjejer (beri jarak 10 cm), kemudian letakkan beberapa biji jagung diantara salah satu cup atau gelas tadi. Kemudian acak cup atau gelas (arahkan bajing untuk berada didepan ketiga cup tadi), dan bajing pun akan mulai mengendus satu persatu cup atau gelasnya. Dan jika bajing berhasil menemukan jagung didalam salah satu cup atau gelas maka bajing akan langsung membukanya.

    ●Dengan pengujian penciuman bajing seperti diatas, kita bisa memanfaatkan ketajaman penciuman bajing untuk menerapkannya dalam trik bajing bisa menebak bola. Oke,, langsung saja.. hanya saja kita akan menggunakan sebuah bola yang memiliki rongga didalamnya dan ada lubangnya sedikit. Cara kerjanya adalah kita akan memasukkan beberapa biji jagung kedalam bola (usaha bola memiliki lubang kecil di salah satu sisinya, agar bajing tetap bisa mencium bau jagung didalam bola). Sekarang bajing siap untuk menebak bola! Sembunyikan bola di salah satu cup atau gelas, kemudian acak dan biarkan bajing menebak dengan sendirinya.

    ●Jadi trik bajing bisa menebak bola ini jika dilihat dari sudut pandang penonton akan terlihat sangat menakjubkan, karena penonton tidak tahu rahasianya. Hanya anda'lah yang tau rahasianya,, hehe..
      Kurang lebihnya seperti itu, lebih lanjutnya bisa bertanya di kolom komentar!

      Comments

      1. Thx mas, tulisannya bermanfaat bgt.. rencana besok mau beli bajing.. harga nya berapa ya? saya pernah liat bajing yg warna nya agak coklat muda itu jenis apa?

        ReplyDelete

      Post a Comment