Cara Menjinakkan Musang Pandan Umur 3 Bulan


Mempunyai peliharaan musang pandan umur 3 bulan yang masih galak, tetapi bingung dan tidak tau cara menjinakkannya? Sebenarnya untuk menjinakkan musang pandan umur 3 bulan itu sangatlah mudah sekali. Karena musang pandan umur 3 bulan masih belum terlalu besar dan sifat liarnya juga belum terbentuk.

Musang pandan umur 3 bulan mudah dijumpai dipasaran dibandingkan dengan musang pandan yang berumuran antara 1 sampai 2 bulanan. Dan musang pandan yang berumur 3 bulanan lebih murah harganya, biasanya harga musang pandan umur 3 bulanan antara 150 sampai 300 ribu saja, untuk itu banyak sekali orang menanyakan cara menjinakkan musang pandan umur 3 bulan..

Cara Menjinakkan Musang Pandan Umur 3 Bulan.


1. Tempatkan musang pandan umur 3 bulan anda pada kandang yang tidak terlalu besar, tujuannya agar musang mudah untuk dipindah pindahkan dan nyaman dalam proses penjinakkan.

2. Jika musang pandan umur 3 bulan anda masih galak sebaiknya jangan terburu-buru untuk langsung memegangnya. Cobalah untuk melakukan proses pengenalan, yaitu dengan cara memasukkan tangan anda kedalam kandang dan cobalah untuk membelai tubuh musang.

3. Jika anda belum berani untuk menyentuh dan membelainya secara langsung karena musang yang masih suka mengancam menggigit, maka anda bisa menggunakan alat bantu terlebih dahulu seperti botol minuman mineral untuk membelainya sampai musang menjadi tenang dan tidak berusaha menggigit lagi didalam kandang, barulah anda bisa melanjutkan membelainya menggunakan tangan.

4. Setelah melakukan proses pengenalan minimal selama 1 minggu, biasanya musang sudah mulai jinak dan mau dipegang didalam kandang. Itu artinya anda sudah bisa meneruskan penjinakkannya diluar kandang. pegang ekor musang kemudian tarik keluar kandang, Pada saat musang pertama kali dikeluarkan dari dalam kandang biasanya musang akan menjadi galak kembali, tetapi tetap tenang dan tetap pegang ekornya.

5. Selama anda memegang ekor musang anda tidak akan digigit, kemudian pindahkan pegangan pada ekor musang menggunakan tangan kiri, dan gunakan tangan kanan anda untuk membelai tubuh musang. Belai terus tubuh musang menggunakan tangan kanan, sesaat musang akan mulai tenang dan menikmati belaian anda. Lakukan cara ini setiap hari!

6. Setelah beberapa hari dijinakkan diluar kandang, biasanya musang sudah mulai jinak. Cobalah lepaskan pegangan anda pada ekor musang dengan tetap mengawasinya dan teruskan untuk membelainya tanpa memegangnya. Semakin hari musang akan semakin jinak asalkan teratur dalam melakukan proses penjinakkan.

7. Berikan nama pada musang anda, sebut nama pagilan musang pada setiap melakukan proses penjinakkan. Kemudian cobalah untuk menaruh musang pada pangkuan anda, sesaat musang akan coba melarikan diri tetapi tarik kembali musang kepangkuan anda sampai musang menjadi terbiasa dan tenang.

8. Sembari melatih musang untuk terbiasa diletakkan di pangkuan dan di pundak, cobalah untuk menyusui musang, menggunakan botol cuka. Dengan menyusui musang, akan membuat musang menjadi lebih jinak dan mengganggap anda sebagai induknya.

9. Selanjutnya anda bisa meneruskan proses penjinakkan menggunakan cara anda sendiri saya yakin anda akan semakin pandai dalam menjinakkan musang. Jangan lupa juga untuk memberi makan musang menggunakan tangan atau handfeed.

10. Oh,, iya jangan lupa untuk memandikan musang setiap 2 hari sekali sampai musang menjadi jinak, kemudian anda bisa meneruskan memandikannya setiap 1 minggu sekali. Asal tau aja, semakin musang dimandikan akan membuat musang semakin jinak.

Cara Gampang Menjebak Anakan Musang Dengan Menggunakan perangkap Tikus Sederhana.




Cara menangkap musang liar - Musang  adalah binatang peliharaan yang unik dan eksotis, banyaknya komunitas-komunitas pencinta musang atau Musang Lover yang terbentuk, dan seringnya mensosialisasikan musang peliharaan mereka, membuat musang semakin dikenal sebagai binatang peliharaan. Karakter dan fisik musang yang unik, membuat banyak orang memilih musang sebagai binatang peliharaan.
Memelihara musang sebaiknya dimulai semenjak musang masih kecil atau anakan. Untuk bisa mendapatkan musang anakan, tentu.. tidaklah mudah.

Cara Menjebak Anak Musang Pandan Menggunakan Perangkap Tikus.


Pada suatu hari, tepatnya malam hari pukul 03.00 saya mendengar suara yang cukup berisik sekali diatas genteng, suara itu mirip decitan tikus tanah dicampur suara kucing gitu. Karena saya sudah paham dan sudah sering mendapatkan anakan musang, jadi saya tau bahwa itu adalah suara anak musang yang lagi diasuh oleh induknya. Keesokan harinya saya bereksperimen menggunakan perangkap tikus, saya pasang perangkap tikus menggunakan umpan pepaya, kemudian saya letakkan diatas genteng dekat dengan talang air yang biasa dilalui oleh musang. Dan alhamdulillah keesokan harinya saya berhasil mendapatkan seekor anak musang pandan.

Inilah Cara Menjebak Anakan Musang Pandan Menggunakan Perangkap Tikus Sederhana.

1. Gunakan perangkap tikus seperti gambar diatas. Kalau bisa usahakan beli yang baru agar lebih kuat.
2. Gunakan umpan pepaya, bau pepaya lebih kuat untuk menarik minat musang masuk kedalam perangkap.
3. Letakkan jebakan tersebut ditempat yang sering dilalui anak musang. Seperti:
    >Jika atap rumah anda sering dilalui musang, berarti itu adalah tempat yang cocok untuk meletakkan perangkap, karena ketika musang sedang mengasuh anaknya, lebih sering melewati genteng untuk menghindari musuhnya yaitu kucing.
    >Letakkan perangkap di bawah pohon pepaya yang buahnya matang dan banyak, karena jika musang tinggal disekitaran atap platform rumah warga, maka itu adalah satu satunya tempat musang untuk mencari makan.
    >Jika anda tau lebih spesifik dimana sarang musang berada, itu lebih baik untuk meletakkan perangkap.
    >Indukan musang biasa mengasuh anaknya disekitar bulan September sampai Maret, maka pasang perangkap tersebut diantara bulan bulan itu.

    *Tambahan
    Anakan musang pandan lebih mudah di jebak atau di perangkap dari pada musang pandan dewasa. Menjebak musang anakan juga tidak perlu perangkap yang besar, seperti pada artikel yang sudah di jelaskan di atas" saya saja bisa menjebak anakan musang pandan hanya dengan menggunakan perangkap tidak sederhana yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Dan musang pandan anakan lebih mudah di jebak, lebih mudah tergiur dengan umpan yang kita pasang pada perangkap, musang yang masih anakan juga tidak bisa meloloskan diri dari perangkap karena mungkin masih anakan jadi masih belum terlalu pintar.. sedangkan jika kita menjebak musang yang sudah dewasa akan sangat sulit, karena musang dewasa cenderung sudah tau dengan keberadaan jebakan atau perangkap yang kita pasang.

    Comments