Ciri Ciri Ikan Cupang Aduan Juara


Ikan cupang adalah jenis ikan yang memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan ukuran tubuh kurang lebih sekitar 5 cm. Namun ikan cupang menjadi primadona bagi kalangan pecinta ikan hias. Bagaimana tidak, karena ikan cupang memiliki banyak jenis warna dan ada juga jenis ikan cupang aduan yang banyak diminati.

Nah,, pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang jenis ikan cupang aduan, ciri-cirinya dan cara memilih ikan cupang aduan juara yang baik. Untuk jenis ikan aduan sendiri biasanya dari jenis ikan cupang bangkok yang memiliki ciri fisik badannya yang tebal dan siripnya yang pendek. Saya akan berikan sedikit pedoman dalam memilih ikan cupang aduan yang juara.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Aduan Juara.


1. Ikan hias aduan memiliki tubuh yang ramping dan aerodinamis dengan bentukvsirip yang pendek dan memiliki jari jari sirip yang rapat.

2. Ikan cupang aduan juara memiliki jenis sisik yang kecil namun tebal.

3. Dahi ikan cupang aduan juara memiliki ciri dahi yang tebal hampir mirip dengan ikan arwana.

4. Ikan cupang aduan juara juga memiliki ring bibir yang tebal untuk mengoyak sirip lawannya.

5. Dan ada ciri khusus untuk ikan cupang aduan yang berkualitas, yaitu lengkungan pada tubuhnya (seperti pada gambar) yang menandakan aerodinamis atau ciri ikan perenang yang handal.

Pilihlah ikan cupang aduan yang memiliki ciri fisik seperti diatas, dijamin ikan cupang anda bakalan menjadi juara..!


Ikan cupang aduan adalah mainan dari segala umur, di katakan begitu karena memang ikan cupang aduan adalah jenis ikan hias yang memiliki harga yang murah dan terjangkau, keberadaan ikan cupang aduan pun mudah di temui dikarenakan mudah untuk di budidayakan.

Untuk memelihara ikan cupang aduan cukuplah mudah, tetapi sayang rasanya kalau hanya dipelihara begitu saja didalam botol atau akuarium tanpa di adu, karena itu membuat mental ikan cupang aduan anda menjadi pengecut dan kurang gahar. Untuk itu saya punya beberapa trik agar ikan cupang aduan anda semakin gahar, garang, galak dan agresif.

Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Agar Semakin Galak Dan Agresif.


1. Melatih ikan cupang aduan setiap hari.
Buatlah boneka ikan cupang dari ban dalam bekas, kemudian bentuk menyerupai ikan cupang. Gunakan ban dalam yang berwarna hitam, karena akan serupa dengan ikan cupang yang sudah siap tarung. Letakkan boneka ikan cupang kedalam air dan di kasih pemberat batu agar nampak seperti ikan cupang yang sedang berenang, sehingga ikan cupang pun akan menganggap boneka itu sebagai ikan cupang lawannya. Cara ini akan membuat ikan cupang aduan anda semakin agresif dan berlatih menyerang setiap hari.

2. Masukkan kaca kedalam wadah ikan cupang.
Anda juga bisa memasukkan kaca kedalam wadah atau tempat ikan cupang aduan anda, kaca akan memantulkan bayangan ikan cupang dan akan di anggapnya sebagai lawannya. Sehingga ikan cupang pun akan berusaha terus untuk menyerangnya.

3. Beri pakan ikan cupang aduan anda dengan ikan hidup.
Anda juga bisa memberikan pakan ikan cupang aduan anda dengan ikan hidup yang berukuran kecil, contohnya seperti ikan mendol kecil yang biasa hidup di tepian sungai. Anda juga bisa menggunakan ikan mendol yang berukuran besar untuk dijadikan sparing patner atau lawan tanding ikan cupang aduan kesayangan anda. Cara ini efektif untuk membuat ikan cupang semakin galak, lincah dan agresif.

4. Mengadu ikan cupang aduan anda.
Seringlah untuk mengadu ikan cupang aduan peliharaan anda, tetapi dengan durasi yang sebentar dan jangan sampai serius. Cara ini bertujuan untuk membentuk mental ikan cupang aduan agar semakin penasaran dengan lawan-lawannya dan semakin agresif.

Nah,, begitulah kira-kira cara untuk membuat ikan cupang aduan anda menjadi semakin galak, garang, agresif dan juara.


Sobat pecinta ikan hias, tentunya tidak asing lagi dengan jenis ikan cupang hias atau didaerah saya disebutnya ikan cupang serit. Kenapa disebut ikan cupang hias karena memang ikan cupang hias memiliki bentuk sirip yang panjang dan berumbai-rumbai.

Ikan cupang hias biasa dipelihara untuk dijadikan pajangan di dalam ruangan dan juga untuk di ikut sertakan dalam kompetisi ikan cupang dengan kategori ikan cupang tercantik. Nah,, sahabat dirumah pasti ingin dong supaya ikan cupang peliharaan sobat memiliki sisik dan sirip yang cantik?

Untuk itu saya akan berbagi tips cara agar warna sisik dan sirip ikan cupang hias semakin terang, kontras dan cantik. Saya akan memberikan tips Cara mempercantik, memperindah dan mempertebal warna ikan cupang dengan mudah.

Cara Mempercantik Warna Ikan Cupang Agar Semakin Jelas.


1. Siapkan tempat atau wadah ikan cupang seperti akuarium, baskom atau ember, kemudian isi dengan air bersih.

2. Masukkan daun jati kering ke dalam air, daun jati mengandung beberapa zat yang sangat istimewa seperti; Spirulina, Methaline, Methabolis, dll. Oleh para pecinta ikan hias, daun jati biasa di gunakan untuk mempercantik, memperindah dan menguatkan warna ikan cupang hias peliharaan mereka.

3. Masukkan juga air rebusan daun ketapang kedalam air. Daun ketapang juga biasa digunakan untuk mengatur ph air.

4. Kemudian masukan ikan cupang hias kesayangan anda ke dalam tempat yang sudah di persiapkan tadi, kemudian biarkan selama 3 hari untuk di karantina. Tempatkan ikan cupang yang sedang di karantina di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari (gelap). Kemudian tetap beri pakan ikan cupang seperti biasa.

5. Setelah 3 hari, ikan cupang langsung di pindahkan kedalam air yang bersih dan jemur dibawah sinar matahari pagi selama 15 menit, maka anda akan melihat sendiri hasilnya.

Comments