Cara Menjinakkan Garangan Jawa


Cara menjinakkan Garangan Jawa.

Menjinakkan garangan jawa bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi itu bisa dilakukan asalkan telaten. Garangan jawa yang masih liar dan galak, memiliki sifat yang sangat sensitif dengan orang yang baru ditemuinya. Anda juga harus berhati-hati dalam menjinakkan garangan jawa, karena garangan jawa memiliki pergerakan yang sangat cepat sampai-sampai ular kobra saja bisa dikalahkannya.

Langkah - Langkah Menjinakkan Garangan Jawa.


1. Gunakan peralatan keamanan seperti memakai jaket dan sarung tangan.

2. Tempatkan garangan jawa anda panda kandang yang tidak terlalu besar, agar nyaman dalam melakukan proses penjinakkan.

3. Mulailah dengan pengenalan terlebih dahulu dengan cara memasukkan tangan anda kedalam kandang. Perhatian reaksi garangan! Apakah garangan berusaha menggigit atau tidak? Jika garangan berusaha menggigit maka anda harus berhati-hati.

4. Hilangkan dulu sifat galak garangan. Saya biasa menggunakan botol air minum mineral, kemudian saya pukul-pukulkan botol ke sisi bagian luar kandang untuk menimbulkan suara yang gaduh dan berisik yang tidak disukai musang. Pada reaksi pertama garangan jawa akan merasa ketakutan, tetapi dengan berjalannya waktu akan membuat garangan jawa terbiasa dengan suara-suara yang keras yang tidak disukai garangan jawa dan cara ini cukup efektif untuk menjinakkan garangan jawa.

5. Lakukan cara yang sama disisi bagian dalam kandang. Coba pukul-pukulkan terus botol ke sisi bagian dalam kandang sembari mencoba untuk menyodorkan dan mengelus-eluskan botol ke tubuh garangan jawa. Reaksi pertama biasanya garangan jawa akan mencoba untuk menggigit botol karena dianggapnya sebagai ancaman, tetapi lama-kelamaan garangan jawa akan terbiasa dengan benda-benda asing yang akan ditemuinya salah satunya adalah tangan anda. Lakukan terus mengelus-elus tubuh garangan jawa menggunakan botol terlebih dahulu sampai garangan jawa menjadi tenang dan tidak berusaha mengigit, barulah anda coba untuk mengelus atau membelainya menggunakan tangan anda.

6. Setelah garangan jawa sudah mau untuk dipegang didalam kandang, selanjutnya adalah anda harus melanjutkan dengan memegangi setiap bagian tubuh garangan jawa seperti kepala, kaki, badan dan ekor garangan jawa, agar garangan jawa terbiasa. Oh iya,, sesekali anda juga harus menggangkat tubuh garangan jawa didalam kandang.

7. Selanjutnya adalah anda harus menjinakkan garangan jawa di luar kandang. Pegang tubuh garangan jawa kemudian keluarkan dari dalam kalam, setelah itu letakkan dilantai dan tetap pegangi tubuh garangan jawa dan lanjutkan untuk mengelus-elusnya. Lanjutkan untuk mengelus-elus tubuh garangan jawa agar semakin jinak dan merasa nyaman, akan tetapi jangan lepaskan dulu pegangan anda ke tubuh garangan jawa agar tidak kabur. Lakukan terus cara ini setiap hari dan usahakan untuk menutup pintu agar garangan jawa tidak kabur keluar.

8. Mandikan garangan jawa setiap 2 hari sekali sampai garangan jawa menjadi jinak. Asal tau aja, semakin garangan jawa dimandikan akan membuat garangan jawa semakin jinak.


Bermunculannya para pecinta binatang yang memelihara garangan jawa. Membuat saya kebanjiran pertanyaan seputar garangan jawa, khususnya adalah makanan garangan jawa.

Pada habitat liarnya, garangan jawa adalah karnivora atau pemakan daging dagingan. Garangan jawa biasa memakan binatang-binatang kecil seperti: tikus, burung, ular, yuyu dan garangan jawa juga kerap kali memakan ayam peliharaan warga.

Maka dari itulah garangan jawa dianggap sebagai hama pengganggu, padahal garangan jawa juga berperan penting untuk mengendalikan pertumbuhan binatang hama musuh para petani. Oke balik lagi ke topik utama yaitu makanan garangan jawa. DI sini saya akan coba untuk memberitahukan tentang jenis-jenis makanan garangan jawa peliharaan.

Makanan Garangan Jawa.

Garangan jawa biasa memakan jenis daging-dagingan. Jadi khusus untuk makanan garangan jawa peliharaan sebaiknya berikanlah jenis pakan yang matang seperti:
1. Daging ayam rebus, jika ingin lebih irit maka anda bisa membeli bagian kepala saja lalu dicincang dan dicampur dengan nasi.
2. Daging ikan rebus yang sudah dibuang durinya.
3. Telur rebus.
4. Jangkrik, garangan jawa juga doyan makan jangkrik maka sesekali berikanlah jangkrik untuk cemilan.

Beri makan garangan jawa anda 2 sampai 3 kali sehari dengan menu seperti salah satu diatas kemudian campur dengan sedikit nasi

Comments